Friday 25 December 2015

Teknologi Canggih Terbaru. Kipas Angin Tanpa Baling-baling



http://scienceiptek.blogspot.co.id/2015/12/cara-kerja-kipas-angin-tanpa-baling.html

Dyson Dyson Cool, kipas angin tanpa bilah kipas buatan pabrikan home apliance Inggris, Dyson.

Kipas angin adalah alat elektronik yang digunakan hampir di gunakan semua orang diseluruh negara didunia, penggunaan alat ini tidak hanya untuk membantu menyejukkan badan dan ruangan tetapi digunakan juga untuk keperluan sehari-hari seperti mempertahankan bara api pada panggangan ataupun mempercepat dinginnya makanan untuk disantap atau dibungkus.

Alat yang didominasi oleh baling-baling dan mesin ini Bahkan dipakai pada kegiatan industri pabrik yang digunakan untuk sirkulasi udara, bagian pada mesin biasa dan mesin pesawat. Ataupun industri Hiburan yang digunakan untuk mendramatisir tampilan.


Tapi apakah mungkin kipas angin tanpa Baling-Baling…??? Penemuan terbaru dan luar biasa yaitu kipas angin tanpa baling-baling. alat yang akan saya bahas dibawah ini menjawabnya..!!!

Para insinyur di perusahaan home technology asal Inggris, Dyson menciptakan kipas angin Dyson Cool untuk mengatasi masalah klasik kipas angin konvensional, yaitu kekuatan hembusan angin dan suara bising.

Kipas angin yang berputar pelan memang tidak bising, namun kekuatan angin yang dihasilkan lemah. Di sisi lain, kipas yang berputar kencang menghasilkan aliran udara yang kuat namun seringkali menimbulkan suara bising.


Dyson mendesain kipas anginnya tanpa bilah kipas, berbentuk lingkaran dan mendesain ulang aliran udara dan memperkuatnya dengan teknologi air multiplier. Lalu darimana udara mengalir?


"Rahasianya ada di kaki kipas angin, terdapat rongga yang di dalamnya bersemayam mesin penghisap yang senyap, udara yang dihisap kemudian didistribusikan ke saluran melingkar di atasnya, terang Jia Min Tan, Dyson Acoustic and Vibration Analysis Engineer kepada KompasTekno saat dijumpai di kantor Dyson di Singapura, Jumat (4/12/2015).

Dijelaskan Jia Min, lingkaran tersebut memiliki sedikit celah tempat udara bertekanan itu mengalir.

"Prinsipnya mengikuti hukum fisika Bernoulli, karena tekanan udara yang dihasilkan di sekeliling lingkaran lebih tinggi dibanding udara yang bergerak, maka udara bertekanan rendah di belakang kipas akan tersedot ke dalam lingkaran, dan didorong ke depan, dengan dmeikian udara yang dihembuskan lebih kuat," terang Jia Min.


Teknologi di baliknya adalah motor penghisap udara buatan Dyson yang walau ukurannya kecil, namun bisa menghisap udara dengan kuat. Rotasi kipasnya mencapai 110.000 rotasi per menit (RPM), lebih kencang dari putaran mesin balap F1 (15.000 RPM).


Menghasilkan aliran udara yang lebih kuat sudah, lalu bagaimana cara Dyson mengeliminir suara bising? Dyson menggandeng insinyur akustik, Jean-Baptiste Blanc untuk menghilangkannya.


Dengan mengadopsi teknologi rongga Helmholtz (Helmholtz Cavity), aliran udara yang dihasilkan kipas akan diperangkap di suatu rongga terlebih dahulu untuk mengubah amplitudo, sehingga gelombang suara yang dihasilkan lebih selaras tanpa turbulensi.



Demikianlah cara Dyson membuat kipas angin tanpa bilah yang mengalirkan udara lebih kencang namun dengan suara bising yang sedikit.
 

Kipas angin tanpa bilah ini mulai dipasarkan di Indonesia pada kuartal pertama 2016 mendatang, saat Dyson membuka Concept Store di Jakarta.


Namun jika tidak sabar menunggu Concept Store tersebut dibuka, kipas angin ini bisa dijumpai di gerai-gerai elektronik modern.

Bagaimana menarik bukan..? teknologi terbaru kipas angin tanpa baling-baling..!!! Semoga dalam waktu dekat akan dipasarkan di indonesia dengan harga yang terjangkau tentunya.

Semoga Bermanfaat..!!!

Related Posts

Teknologi Canggih Terbaru. Kipas Angin Tanpa Baling-baling
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.