Saturday 26 December 2015

Teknologi Canggih Terbaru Robot Android Cantik yang Semakin Mirip Manusia




Hai pembaca sekalian.!!! Bagaimana kabarnya..? mudah-mudahan sehat, bahagia dan sukses selalu..dalam kesempatan kali ini saya akan membahas tentang perkembangan teknologi robot yaitu Robot Android Cantik..

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi begitu cepat hingga banyak sekali hal yang baru tercipta pada setiap saatnya, sesuatu yang sebelumnya dianggap mustahil dan merupakan suatu ide gila sekarang ini dapat menjadi kenyataan, betapa mustahilnya dahulu manusia bisa terbang atau sebuah rangkaian besi yang sangat berat bisa terbang dan mengangkut manusia.tetapi sekarang sudah diwujudkan manusia bahkan menjadi hal yang biasa.

Sepertihalnya penciptaan atau lebih tepatnya pembuatan alat elektronik yang menyerupai bentuk fisik ataupun fungsi gerak manusia, yang pada akhirnya akan membantu pekerjaan manusia itu sendiri.

Betapa tidak. Manusia sangat ingin membuat dan mengembangkan sebuah robot yang 100% sama dengan manusia (Humanoid) atau bahkan lebih baik dari manusia pada segi kekuatan dan daya tahan.

Robot adalah sebuah alat mekanik yang dapat melakukan tugas fisik, baik menggunakan pengawasan dan kontrol manusia, ataupun menggunakan program yang telah didefinisikan terlebih dulu (kecerdasan buatan). Istilah robot berawal bahasa Cheko “robota” yang berarti pekerja atau kuli yang tidak mengenal lelah atau bosan. Robot biasanya digunakan untuk tugas yang berat, berbahaya, pekerjaan yang berulang dan kotor. 

Biasanya kebanyakan robot industri digunakan dalam bidang produksi. Penggunaan robot lainnya termasuk untuk pembersihan limbah beracun, penjelajahan bawah air dan luar angkasa, pertambangan, pekerjaan "cari dan tolong" (search and rescue), dan untuk pencarian tambang. Belakangan ini robot mulai memasuki pasaran konsumen di bidang hiburan, dan alat pembantu rumah tangga, seperti penyedot debu, dan pemotong rumput.

Android merupakan robot yang memiliki kemiripan dengan manusia. Android berasal dari kata dalam Bahasa Yunani aner yang berarti manusia dan droid yang berarti menyerupai. Sehingga android dapat dikatakan robot yang menyerupai manusia baik dari sisi fisik maupun kecerdasan logika cara berpikir. Sehingga dalam hal ini android merupakan robot dengan fisik menyerupai manusia serta dilengkapi dengan kecerdasan buatan.

Walau masih terlihat kaku untuk standar manusia, namun Erica saat didemonstrasikan di hadapan para jurnalis memang terlihat semakin mirip dengan manusia.



Erica, robot android cantik yang semakin mirip dengan manusia. (Mashable)

Profesor Hiroshi Ishiguro dari Universitas Osaka, Jepang, kembali memperkenalkan robot android cantik yang semakin mirip dengan manusia. Robot wanita tersebut diberi nama Erica.

Berbeda dengan rancangan Ishiguro sebelumnya, Erica bukan hanya didesain untuk memanjakan mata, namun juga telinga pecinta Android.  Ya, Ishiguro telah meningkatkan kemampuan berbicara robot android-nya, selain juga bahasa tubuh saat berbicara.

Dikutip dari Mashable, Rabu (12/8), Ishiguro mencoba untuk menghilangkan kecanggungan yang muncul saat manusia berkomunikasi dengan robot.

Walau masih terlihat kaku untuk standar manusia, namun Erica saat didemonstrasikan di hadapan para jurnalis memang terlihat semakin mirip dengan manusia.

Ia bisa berkedip, memiringkan kepala, memiliki gerakan kulit wajah yang mencerimnkan emosi, menggerakkan bibir, serta bahasa tubuh yang mengikuti gaya bicaranya.

Bahkan robot android ini juga bisa menggumamkan "uuuunnnn?", sebuah komunikasi non-verbal yang berarti "sungguh?" yang umum dipakai di Jepang.

Erica adalah hasil kolaborasi antara Japan Science and Technology Agency, Osaka University, the Advanced Telecommunications Research Institute International (ATR) dan Kyoto University.

Saat ini Erica, si robot android cantik yang semakin mirip dengan manusiasedang dipamerkan di Miraikan National Museum of Emerging Science and Innovation di Tokyo, Jepang

(Axel Natanael Nahusuly/Intisari Online)

Demikianlah pembahasan tentang robot android cantik yang dikembangkan dan dipamerkan di jepang..!!!

Semoga Bermanfaat..!!! Terimakasih

Related Posts

Teknologi Canggih Terbaru Robot Android Cantik yang Semakin Mirip Manusia
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.