Saturday 26 December 2015

Teknologi Canggih Robot dan Penamaannya



http://scienceiptek.blogspot.co.id/2015/12/inilah-penamaan-jenis-robot.html

Hai pembaca sekalian.!!! Bagaimana kabarnya..? mudah-mudahan sehat, bahagia dan sukses selalu..dalam kesempatan kali ini saya akan membahas tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yaitu Robot yang menyerupai manusia.
Anda tentu sudah tidak asing dengan robot super canggi yang ada pada film Terminator dan Transformer...!!! Apakah anda tahu jenis robot apakah mereka itu..!!! dibawah ini anda akan menemukan jawabannya.
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi begitu cepat hingga banyak sekali hal yang baru tercipta pada setiap saatnya, sesuatu yang sebelumnya dianggap mustahil dan merupakan suatu ide gila sekarang ini dapat menjadi kenyataan.
Seperti halnya pembuatan alat elektronik dan mesin yang menyerupai bentuk fisik ataupun fungsi gerak manusia, yang pada akhirnya akan membantu pekerjaan manusia itu sendiri.Manusia sangat ingin membuat dan mengembangkan sebuah robot yang 100% sama dengan manusia (Humanoid) atau bahkan lebih baik dari manusia pada segi kekuatan dan daya tahan.

Terkadang terjadi salah pengertian tentang definisi istilah-istilah berikut robot, android, dan cyborg, yang menganggap semuanya sama. Sesungguhnya terdapat perbedaan yang mendasar pada penggunaan istilah-istilah tersebut.
Kata robot berasal dari Bahasa Czech 'robota' yang dapat diartikan sebagai budak, yang mana merepresentasikan pekerja (mesin) yang dirancang untuk melakukan suatu pekerjaan terus-menerus tanpa merasa bosan atau lelah. Karel Capek (lahir 9 Januari 1890, meninggal 25 Desember 1938) adalah penulis novel fiksi ilmiah dari Czech yang pertama kali mempopulerkan istilah robot.

Robot merupakan mesin yang dirancang untuk mengerjakan suatu tugas secara dalam durasi lebih lama dari manusia dan terus menerus, baik dikendalikan ataupun secara autonomous, dari yang tingkat sederhana hingga yang rumit.
Dalam robot dapat ditanamkan sistem kecerdasan buatan (artificial intelligence) yang membuatnya memiliki kemampuan untuk 'berpikir' seperti manusia. Perlu ditekankan bahwa robot tidak memiliki fungsi organik. 

Terdapat istilah automata yang berasal dari kata Yunani automatos yang artinya bergerak sendiri, merupakan piranti mekanik yang dapat bergerak sendiri untuk melakukan suatu fungsi. Terdapat robot jenis humanoid, yang mana berdasarkan bentuk manusia namun masih terlihat sebagai sebuah mesin secara kasat mata. Robot humanoid memiliki bagian semisal tangan dan kaki.


Android merupakan robot yang memiliki kemiripan dengan manusia. Android berasal dari kata dalam Bahasa Yunani aner yang berarti manusia dan droid yang berarti menyerupai. Sehingga android dapat dikatakan robot yang menyerupai manusia baik dari sisi fisik maupun kecerdasan logika cara berpikir. 


Sehingga dalam hal ini android merupakan robot dengan fisik menyerupai manusia serta dilengkapi dengan kecerdasan buatan.

Kata cyborg berasal dari kata cybernetic organism, yakni organisme yang didalam tubuhnya terdapat bagian buatan berupa piranti elektronik yang menyokong atau membantu fungsi kehidupannya. Semisal paru-paru atau jantung. 


Istilah cyborg sering diasosiasikan dengan makhluk hidup yang diperkuat dengan menanamkan mesin dalam tubuhnya. Meskipun sebenarnya piranti tersebut lebih digunakan untuk menyokong atau menggantikan organ tubuh yang kurang berfungsi.
Kesimpulannya cyborg merupakan organisme dengan piranti tambahan untuk membantu fungsi atau kelangsungan hidupnya.



Secara garis besar robot terdiri dari tiga blok sistem dasar yakni blok input, process, dan output actuator. Blok input terdiri dari sensor yang menganalisis perubahan lingkungannya, pada manusia dianalogikan dengan panca indera, mata, telinga. Blok process tempat terjadinya proses komputasi dan pengambil keputusan, setelah menerima informasi dari blok input akan diproses untuk ditindak lanjuti sebagai tindakan actuator.

Pada manusia sama halnya dengan fungsi otak. Terakhir blok output actuator, disini adalah implementasi tindakan apa yang dilakukan robot merespon lingkungannya, setelah proses pada blok sebelumnya.

Demikianlah pembahasan tentang penamaan sebuah jenis Robot yang dikembangkan manusia saat ini.

Semoga bermanfaat..!!!



Related Posts

Teknologi Canggih Robot dan Penamaannya
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.