Thursday 31 December 2015

Produk Teknologi Canggih Yang Gagal di Pasaran




Teknologi merupakan suatu kebutuhan dan tak bisa lepas dari kehidupan manusia saat ini. Komputer, mulai dari peralatan Rumah tangga seperti mesin cuci , pendingin udara, smartphone hingga mobil pintar menjadi salah satu produk teknologi masa kini yang sudah banyak digunakan. Tanpa teknologi kehidupan manusia akan berjalan berat dan lambat. Karena harus melakukan berbagai hal sendiri dan memerlukan waktu yang lama.

Perkembangan teknologi sangat memebantu pekerjaan manusia pada berbagai bidang, sehingga manusia terus menerus mencari teknologi terbaru yang lebih baik dari sebelumnya agar kehidupan menjadi berkembang lebih baik.

Perkembngan  ilmu pengetahuan dan teknologi selalu menghasilkan sesuatu yang luar biasa, dan mengagumkan. Ada banyak pemikiran bahwa teknologi di masa depan akan seperti apa. Para ilmuan dan pakar teknologi pun ada yang sudah merancang dan menyiapkan bahwa teknologi baru akan memiliki kemampuan yang sebelumnya hanya impian dan kelihatan mustahil.

Meski demikan karena saking banyaknya produk terbaru dengan teknologi yang sangat canggih hingga tidak semua temuan teknologi baru laku dipasaran. Bahkan teknologi baru yang digadang-gadang menjadi suatu yang sangat penting bagi kehidupan manusia kini hanya menjadi isu belaka. Bukan berarti teknologi tersebut tidak canggih, namun adanya monopoli serta fitur baru yang sulit untuk dioperasikan membuat produk-produk ini kurang diminati oleh orang-orang.


Berikut adalah
Produk Teknologi Canggih Yang Gagal Merajai Pasar


1.Televisi 3D



Produk ini terkesan sangat keren, canggih, dan luar biasa. beberapa tahun lalu, TV 3D ini mencengangkan banyak masyarakat dunia, termasuk di Indonesia sendiri. TV 3D ini diklaim bisa menampilkan gambar yang nyata. Dimensi yang disuguhkan juga membuat orang yang melihat seolah-olah sedang berada di tempat tersebut.

Mengapa Teknologi Secanggih ini Bisa Gagal Merajai Pasar...?

Penyebabnya adalah Channel yang ditawarkan pada TV 3D dengan teknologi gambar 3D, masih sangat terbatas. Selain itu, ada beberapa TV yang memerlukan kacamata khusus untuk melihat tampilan 3D yang disediakan, sehinga terkesan ribet. Dalam segi harga, pengguna juga harus menyiapkan dana yang cukup besar untuk membeli TV ini. 3D TV diklaim dengan harga mulai Rp 21 juta hingga harga Rp 500 juta juga ada.

2.Smart Watch



Produk ini tak kalah kerennya dengan teknologi terbaru lainnya.Banyak perusahaan besar yang kini ramai membuat smartwatch. Perusahaan besar seperti Apple, Samsung, Huawei, dan masih banyak lagi juga ikut memproduksi.

Tapi kenyataannya tak begitu Laku dipasaran, sebenarnya jam tangan pintar sudah hadir sejak awal 1970-an. Awalnya jam tangan ini memang berkembang cukup pesat, seperti yang terjadi sekarang ini. Namun setelah 10 tahun, jam tangan pintar versi jadul ini menghilang.

Banyak smartwatch yang kini menawarkan harga murah, namun keberadaannya belum banyak. Di Indonesia sendiri, jarang orang yang mempunyai smartwatch. Harga yang tinggi dengan ketergantungan orang Indonesia pada perangkat yang nyaman seperti smartphone dan laptop, membuat smartwatch ini dirasa tidak terlalu penting.

Ada yang memakai smartwatch hanya untuk gaya saja. Ada juga yang menggunakannya agar mendapat pemberitahuan lebih cepat lewat smartwatch jika ada sesuatu yang penting. Ujung-ujungnya, mereka juga kembali lagi bergantung pada smartphone.

3.Windows Phone



Teknologi windows yang sangat terkenal di bidang komputer dan leptop menyasar pada teknologi smartphone, hingga diperhitungkan akan banyak sekali penggemar jika dipasarkan. Microsoft sebagai pembuat smartphone ini sampai sekarang masih mempertahankannya. Padahal, penjualan smartphone dengan OS Windows sangat kecil jika dibandingkan dengan iPhone dan Android.


Pada kuartal kedua tahun ini, Microsoft hanya sanggup menjual 7,4 juta smartphone Windows, yang berarti turun 9,4 persen dari waktu yang sama tahun lalu. Di Amerika, Windows Phone hanya memiliki pangsa pasar sebesar 5 persen saja. Mengapa hal itu terjadi?

Mengapa demikian..? ini disebabkan Konsumen lebih memilih iPhone dan Android karena terbatasnya aplikasi yang ada di Windows Phone. Smartphone ini juga tidak lebih murah dan tidak memiliki teknologi yang lebih baik dari iPhone dan Android.


4.HD DVD


DVD sangat populer hingga saat ini, terutama di Indonesia. Namun sebenarnya, ada teknologi yang lebih baru yang ingin menggantikan pamor DVD. Apa perbedaannya?

Untuk kebanyakan konsumen pasti terlihat tidak banyak perbedaan. Mereka pada dasarnya adalah produk yang sama, tetapi tidak kompatibel satu sama lain. Kualitas tampilan video maupun film yang ditampilkan HD DVD memang lebih baik dari DVD, namun DVD lebih dikenal dan lebih banyak yang menggunakan.

Demikianlah produk dari teknologi canggih yang tidak begitu laku dipasaran atau tidak begitu bermanfaat, padahal sebelumnya sangat di harapkan akan membanjiri pasaran dan berguna bagi masyarakat.

Tentu ada saja hal yang direncanakan begitu matang ternyata hasilnya tidak memuaskan, itulah drama ilmu pengetahuan dan teknologi, Banyak yang sangat berhasil tapi sebagian ada juga yang gagal. agar manusia lebih berusaha untuk menemukan yang selain canggih tapi juga sangat bermanfaat bagi sendi kehidupan.

Related Posts

Produk Teknologi Canggih Yang Gagal di Pasaran
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.