Thursday 31 December 2015

Teknologi Robot Canggih yang Bisa Dikendalikan dengan Pikiran


http://scienceiptek.blogspot.co.id/2015/12/teknologi-robot-canggih-yang-bisa.html

Dunia robotik memang sangat menarik diperbincangkan, mesin elektrik ini sudah semakin canggih dan mampu membantu banyak sekali pekerjaan manusia, baik membantu pekerjaan rumah seperti memotong rumput dan menngerakkan pintu rumah, pekerjaan industri seperti perakitan mobil dengan sangat cepat dan akurat, bahkan pekerjaan di dapur atau restoran mulai dari penerima tamu, pengantar makanan sampai ke pembuat makanan itu sendiri. Serta sangat banyak lagi bidang pekerjaan manusia yang sudah diambil alih oleh kecanggihan robot.

Anda tentu kenal dengan tokoh fiksi dalam film spiderman2 Dr. Octopus? ia adalah tokoh yang digambarkan sebagai dosen Peter Parker(Spiderman) yang menciptakan alat canggih yaitu tangan robot dengan tentakel yang bisa berfungsi sebagai lengan ekstra untuk memudahkan pekerjaannya. Alat ciptaannya itu dikendalikan dan diatur menggunakan chip yang ditanam di belakang lehernya, yang tersambung ke otak, intinya alat canggih tersebut bisa dikendalikan dengan baik hanya melalui pikiran.

Banyak ilmuwan yang mungkin terinspirasi dari karakter fiksi tersebut. Di tahun 2011-2012, sejumlah ilmuwan menciptakan robot lengan yang mampu membantu penderita stroke dan degeneratif syaraf ataxia mengangkat benda yang mereka butuhkan.

Hanya dengan memasang topi khusus di atas kepala, robot ini bisa bergerak sesuai dengan keinginan kita.

Exoskeleton. (screenshot, Live Science)
Beberapa waktu terakhir, ilmuwan dari Jerman dan Korea menciptakan teknologi serupa, namun dengan fitur yang lebih unggul dari robot-robot lengan yang sebelumnya pernah dibuat peneliti. Alat yang diciptakan sang ilmuwan dari Korea University dan Technical University (TU Berlin) tersebut dinamakan Exoskeleton.

Hal mendasar yang membedakan alat hasil kolaborasi dua tim ilmuwan tersebut dari robot-robot lengan lainnya terletak pada proses instalasi “chip” yang diperlukan untuk mengendalikan si robot.
Untuk menggunakan lengan-lengan robot tersebut, calon pengguna harus lebih dulu melakukan operasi otak invasif, di mana dokter akan menanam partikel impuls listrik mini di dalam otak mereka sebagai partikel pengendali saat tersambung dengan kawat eksternal robot.

Pengguna Exoskeleton, di sisi lain, tak memerlukan tahapan operasi tersebut untuk mengendalikan sang robot. Mereka hanya perlu memakai Skullcaps di atas kepala mereka, yakni topi yang permukaan dalamnya terselimuti oleh elektroda kecil. Ketika penggunanya memakai skullcap—yang serupa dengan metode electroencephalogram (EEG), kegiatan otak mereka akan terekam dan terdata oleh komputer. Setelah itu, komputer menerjemahkan sinyal-sinyal otak tersebut untuk kemudian dilanjutkan ke robot untuk melakukan gerakan yang diinginkan si pengguna.

(Difa Restiasari. Sumber: Live Science)

Demikianlah pembahasan dari kecanggihan teknologi robot kesehatan terbaru ,robot berbentuk lengan yang mampu bergerak hanya dengan menggunakan pikiran saja.penggunaan yang diaplikasikan bagi orang yang mengalami strok, cacat dan gangguan fungsi Gerak lainnya.

Semoga Bermanfaat..



Related Posts

Teknologi Robot Canggih yang Bisa Dikendalikan dengan Pikiran
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.